Kamis, 25 November 2010

KEBIASAAN PAGI YANG BAIK

kebiasaan pagi yang baik telah dilakukan para pertapa dan petani di pegunungan.
aktivitas ini (kebiasaan pagi) bukanlah sebuah kegiatan untuk mencapai tujuan kepemilikan suatu benda seperti halnya biasa bekerja untuk memiliki mobil.
aktivitas ini adalah 'sesuatu' yang terus menerus dan tidak akan berhenti walaupun tujuan itu tercapai. aktivitas ini seperti halnya bernafas, makan, dan buang air. tidak pernah berhenti sampai tuhan menarik ruh keluar dari jasad.

kebiasaan pagi ini menimbulkan hasil yang juga terus menerus. hasil yang didapat adalah KETENANGAN, KEBUGARAN, PANJANG UMUR. ketenangan adalah sebuah kesenangan yang apabila berlangsung sepanjang hari dan berimbas pada hari-hari selanjutnya akan menjadi sebuah kebahagiaan (bahagia = senang terus). kebugaran apabila dirasakan terus menerus akan mengefektifkan seluruh aktivitas kita. panjang umur yang dialami dengan kebahagiaan adalah hidup yang sempurna.

kebiasaan pagi ini meliputi beberapa hal yang baiknya beriringan:
1. BERTERIMA KASIH PADA TUHAN. tuhan berkata "berterima kasihlah dengan ikhlas padaku maka akan kutambahkan kebahagiaan padamu".
2. BANGUN KETIKA SHUBUH. saat bayangan cahaya mentari dikejauhan belum tampak maka itulah saat yang terbaik untuk bangun tidur. rasakan peralihannya, rasakan peralihannya, hingga mentari menyinari seluruh bumi.
3. HIRUP DALAM-DALAM SECARA PERLAHAN UDARA PAGI. udara pagi adalah sumber oksigen bersih yang bertugas meregenasi sel-sel tubuh sehingga selalu baru dan selalu segar. inilah sumber awet muda.
4. PEREGANGAN SELURUH TUBUH. para yogi (pendeta hindu) melakukan peregangan tiap pagi, mulai dari bagian kepala, lengan, perut, kaki. semuanya. peregangan dimulai dari menarik sendi secara agak kuat dan kemudian ditahan agak lama. ketika melakukan peregangan maka otot dilatih untuk menjadi kuat sekaligus lentur, juga mempersilahkan darah dan udara memenuhi relung-relung tubuh dengan nyaman. peregangan bukanlah seperti pemanasan atau olahraga umumnya (semisal lari atau sepak bola). peregangan lebih berguna untuk jangka panjang. intinya peregangan adalah menahan satu gerakan selama mungkin hingga otot, udara dan darah terlatih dan merasuk dengan nyaman.

dari 4 aktivitas baik diatas hanya akan berguna bila diBIASAKAN. artinya, lakukan setiap hari, tanpa terputus. jadikan sesuatu yang otomatis kita lakukan. saran yang baik tuk dilakukan adalah: biasakan tidur paling lambat jam 10 malam. agar jam 3 pagi bisa bangun dengan bugar tuk tahajjud dan shubuh atau ibadah lainnya. keberadaan tuhan menjadi hidup kita yang bugar ini menjadi sangat berarti.

Tidak ada komentar: